Keindahan Gorontalo

Teman-teman ternyata daerahku ini banyak sekali keindahan-keindahan yang tersembunyi, entah itu budaya, alam, suku dan sebagainya. Memang banyak sekali keindahan Gorontalo yang belum di kenal oleh masyarakat luas di Indonesia bahkan di Dunia, maka dari itu saya akan bagikan sedikit dari banyaknya keindahan Gorontalo yang pe gaga (yang indah).

Nah, untuk itu saya akan bagikan sedikit tentang keindahan Gorontalo, untuk mengawali postingan, toton dulu video Gorontalo Terpuji karya anak-anak Gorontalo yang keren-keren.


Sedikit sejarah ya, seperti yang saya kutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia, Gorontalo adalah sebuah provinsi yang ke 32 di Indonesia, yang lahir pada tanggal 22 Desember 2000 dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, jadi umur Provinsi Gorontalo masih terbilang muda. Gorontalo memang belum terlalu terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, tetapi lambat laun dia (Gorontalo) akan menjelajah dunia dengan keindahan alam dan karya-karya anak Gorontalo, percayalah.

Sebagian kecil dari keindahan alam Gorontalo teman-teman bisa melihatnya dalam video di bawah ini.

Nah gimana? indah bukan?

Ada satu lagi yang unik dari keindahan Gorontalo, yaitu permukiman di atas laut yang berada di sisi barat daerah Gorontalo, namanya Torosiaje. Menurut sumber saya, untuk pergi ke sana menggunakan perjalanan darat dari Kota Gorontalo di perlukan waktu selama 7 jam, jaraknya kurang lebih 300 km ke arah barat kota Gorontalo. 

Sumber
Kampung ini berdiri sejak tahun 1901 yang dihuni oleh suku Bajo. Ada dua perkampungan suku Bajo di Torosiaje. Pertama yaitu perkampungan suku Bajo di Torosiaje Jaya yang terletak di daratan, dan yang kedua perkampungan suku Bajo yang terletak di atas laut yaitu Desa Torosiaje laut.
sumber
Di Desa Torosiaje laut ini memiliki keunikan tersendiri yaitu permukiman tersebut dibangun di atas laut yang benar-benar terpisah dari daratan. Bayangkan saja segala fasilitas umum tersedia, mulai dari mesjid, aula, lapangan batminton, jalan, kantor lurah, warung yang lengkap, puskesmas, fasilitas air tawar, listrik dan untuk komunikasi disana masih tersedia jaringan seluler. Lingkungannya begitu bersih karena setiap rumah memiliki septic tank. Tidak ada nyamuk, serangga, sampah, polusi asap hanya dari asap dapur & rokok. 
Sumber
Nah lanjut lagi, selain keindahan daerah, Gorontalo juga dikenal dengan namanya Jagung. Berbicara soal jagung, Gorontalo mempunyai makanan khas daerahnya yang bernama Binte Biluhuta atau masyarakat Gorontalo menyebutnya dengan milu siram (Sup Jagung). Makanan ini merupakan sup yang terdiri dari jagung, ikan atau udang yang di racik sedemikian rupa hingga menghasilkan suatu menu yang sangat lezat dan panas serta memiliki tiga rasa yang khas yakni manis, asin dan pedas.
Sumber : Google
Beehhhhh, kalau bicara soal makanan yang satu ini rasanya jangan ditanya lagi, coba bayangkan saja tiga rasa dalam satu makanan yang akan memanjakan lidah teman-teman, gak kebayang bukan? nah makanya buat teman-teman yang berada di luar Gorontalo, buat apa berlibur ke luar negri yang membutuhkan biaya mahal-mahal. Mending di daerah saya saja, bukan begitu bukan? :p

Selain keindahan dan makanan khas, Gorontalo mempunyai beragam kebudayaan, antara lain ada rumah adat Dulohupa, Bantayo Po Boide dan Rumah adat Gobel. Selain rumah adat Gorontalo dikenal juga dengan kerajinan tangan yang khas seperti Upiya Karanji atau Songkok Gorontalo, Batik Gorontalo dan yang paling dikenal adalah Sulaman Karawo atau Sulaman Kerawang. Sulaman khas Gorontalo ini menjadi kekayaan budaya tersendiri dan bernilai seni tinggi. Kini sulaman Karawo tidak hanya diminati di dalam negeri namun juga di luar negeri. Bahkan alam lain pun suka dengan sulaman yang satu ini, hahahh bercanda :p

Saya rasa cukup sekian dari saya, mohon kritik dan saran teman-teman semua.

Salam Hormat.
RH.